cover
Contact Name
Inggih Permana
Contact Email
inggihpermana@uin-suska.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
inggihpermana@uin-suska.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi
ISSN : 24608181     EISSN : 25028995     DOI : -
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi (print ISSN: 2460-8181, online ISSN: 2502-8995) is a peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of information system. Its scope encompasses information system engineering and management. It was first published in 2015.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2016): Agustus" : 21 Documents clear
EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Kota Pekanbaru) Arrofik Zulkarnaen; Anggraini Anggraini
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2600

Abstract

Evaluasi terhadap implementasi teknologi informasi dengan menggunakan Framework COBIT 4.1 sangat berguna baik bagi pengguna, pengembang teknologi informasi maupun para pengelola. Evaluasi terhadap proses teknologi  informasi perlu dilakukan agar manajemen Kemenag  Kota  Pekanbaru  dapat  melakukan perbaikanperbaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi pengelolaan IT, menilai kinerja  menggunakan  maturity level, menilai  tingkat  kesadaran  pengelolaan  (management  awareness), dan menghasilkan suatu rekomendasi terhadap penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Kemenag  Kota  Pekanbaru.  Hasil  evaluasi dari penelitian yang menggunakan sampel  10  di  Kemenag Kota Pekanbaru ini menunjukkan bahwa tingkat maturity level pada Control Objectives Deliver and Support (DS1) berada pada tingkat 3 (defined). Untuk management awareness 33,33% menganggap sangat perlu dan 66,66% perlu  dilakukannya pengelolaan  tingkat  layanan pada  Simpeg. Rekomendasi yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah adanya  beberapa kegiatan  yang dapat dilakukan untuk  masing-masing proses pada DS1. Salah  satunya  adalah  manajemen perlu  menentukan  dan  mengatur  tingkat  layanan  pada  simpeg  serta  perlu adanya pihak yang bertanggung jawab dalam mengatur proses tersebut.
PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN DIGITAL LIBRARY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL (Studi Kasus: Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Riau) Era Nurvia; Angraini Anggraini
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2606

Abstract

Badan Pusat Statistict Librarys (BPS) of Riau Province has been using the system digilib since 2012 as a service for visitors to facilitate getting publications sought. However there are still some constraints on the system such as the length of the visitor searching for data and incomplete data that is causing the viewer does not get the data sought. The aim of this study was to determine the quality of the Digital Library for user satisfaction in BPS Library Riau Province In this study to measure the quality of service using Libqual method introduced by ARL (Association: Research Libraries), which consists of three dimensions namely Affect of service, Controll Information and Library As Place. Sampling technique used is accidental sampling is sampling technique by accident, anyone who by chance met the researchers can be used as a sample, if it is deemed that the person who happened to be found suitable as a data source. Questionnaires were distributed as many as 70 copies. From the research is that the overall quality of service digilib already have good quality with an average value of 3.59 Perceptions and expectations of 2.87 minimum. However, there is still a gap GAP for hope in one's ideals.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ZAKAT PADA BAZIS DESA SRIGADING KECAMATAN LUBUK DALAM KABUPATEN SIAK Anofrizen Anofrizen; Lilis Ika Wati
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2611

Abstract

Badan amil zakat desa srigading merupakan motor penggerak utama dalam meningkatkan pengumpulan dan penyalur zakat yang ada didesa. Kegiatan yang harus dilakukan secara terus menerus adalah proses pengumpulan dana zakat, penyaluran dana zakat, pengawasan hingga monitoring zakat. Karena kegiatan ini dilakukan secara terus menerus maka kegiatan ini harus dapat dipertanggung jawabkan agar tidak menimbulkan permasalahan dalam menunjang kesuksesan manajemen  zakat. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem yang mampu memberikan dan menyajikan informasi secara cepat, tepat dan mudah diterima yaitu dengan menggunakan  sistem informasi untuk mengelola zakat. Sistem ini akan mengiringi kesuksesan manajemen  zakat dalam merealisasikan tujuan zakat dan tujuan dari pada lembaga itu sendiri. Karena pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan akan lebih efisien dan termanage dengan baik. Sistem ini di kembangkan menggunakan metode waterfall dan diuji dengan menggunakan metode pendekatan black box testing untuk menghasilkan hasil yang sesuai. Dengan diterapkannya sistem informasi manajemen ini, kedepannya akan mampu mengefisiensikan kinerja bagian penghimpun, bagian penyalur, bendahara dan bagian monitoring atau pengawas.
SISTEM INFORMASI E-COMMERCE UNTUK JARINGAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR BEKAS KABUPATEN KAMPAR (Studi Kasus: Adira Finance) Sri Handayani; Anofrizen Anofrizen; M. Jazman
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2616

Abstract

Adira Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang bekerja sama dengan show room yang menjual Sepeda Motor Bekas yang bergerak dalam bidang jual-beli sepeda motor bekas, promosi yang ada masih menggunakan fasilitas kertas, brosur, dan fasilitas lainya yang sejenis. Hambatan – hambatan tersebut yang membuat kurang efektifnya promosi produk. Dan semakin banyaknya variasi, merek dan jenis sepeda motor beredar membuat para konsumen bingung untuk memilih sepeda motor yang akan dibelinya. Hal tersebut akan menjadi kendala bila para pelangganya yang mempunyai aktivitas padat atau tidak memiliki waktu luang yang banyak, jika hanya sekedar melihat produk-produk yang akan dipilih oleh konsumen di showroom-showroom tersebut. System informasi ini dibangun menggunakan metode Rational Unified Proccess dan Object Oriented Analysis and Design dan pengujiannya dilakukan menggunakan blackbox dan User Acceptance Test. Adapun hasil penelitian ini adalah bagaimana sistem yang sedang berjalan dapat dikembangkan menjadi lebih baik melalui analisis dan desain sehingga menghasilkan system E-Commerce. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Sistem E-Commerce dapat memperluas dalam segi promosi dan memudahkan konsumen dalam membeli dan memilih sepeda motor yang diinginkan.
RANCANG BANGUN MADING ONLINE BERBASIS WEB (Studi Kasus: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau) Wahyudi Firdaus
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2621

Abstract

Mading Online berbasis web adalahsolusiefesien untuk mendapatkan informasi ataupun berbagi infomasi. Mading Online fungsinya sebagai media informasi dan sekaligun tempat berekreasi mahasiswa, lewat media ini pembaca akan tahu tentang apa yang ada di luar dirinya. Teknik analisa dan perancangan menggunakan OOAD (Object – Oriented Analysis Desaign) use case menggunakanpemodelanperangkat UML. Metode Waterfall merupakan metode untuk membagun Mading Online, Teknik pengujian kualitas website Mading Online  menggunakan Webqual.  Maka dihasilkan sebuah sistem informasi Mading Onlineberbasis web yang bisa memberikan informasi seputar hasil kreatifitas mahasiswa, seputar jurusan dan forum diskusi.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SARANA PRASARANA SEKOLAH (Studi Kasus : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak) Awaludin Awaludin; Eki Saputra
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2601

Abstract

Keberhasilan program pendidikan dalam belajar mengajar sangat dipengaruhi beberapa faktor, seperti siswa, kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, dana, sarana dan prasarana dan faktor lingkungan. Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan program pendidikan dalam proses pembelajaran adalah sarana dan prasarana pendidikan. Sistem pelaporan sarana dan prasarana saat ini dilakukan dengan cara mengisi borang yang telah ditentukan oleh dinas, borang yang telah ditentukan oleh dinas diberikan kepada UPTD pendidikan kecamatan yang ada disetiap kecamatan lalu diberikan kepada sekolah setelah diisi diserahkan kembalikan kepada UPTD pendidikan kecamatan lalu diserahkan kepada dinas untuk diproses. Pelaporan dan pendataan dilakukan satu kali setiap tahun ajaran. Kendala yang terjadi saat ini ialah dinas pendidikan kesulitan dalam memperoleh data/informasi terkait sarana dan prasarana sekolah khususnya sekolah dasar yang belum memiliki aplikasi pengolah data khususnya dibagian sarana dan prasarana. Kesulitan dalam pembuatan laporan sarana dan  prasarana. Maka dari  itu untuk pengatasi permasalahan yang selama ini terjadi dibangun sebuah sistem yang bisa membantu dinas pendidikan dalam pengelolaan data sarana dan prasarana yang ada,  serta bisa lebih cepat dalam melakukan pengadaan dan perubahan dalam meningkatkan kwalitas pendidikan kabupaten Siak dimasa yang akan datang. Pada tahap analisa dan perancangan sistem digunakan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) serta menggunakan bahasa pemodelan Unified Modeling Language (UML) yang nantinya menghasilkan sistem informasi manajemen sarana prasarana sekolah (SIMSPSD).
ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI SURAT PENGANTAR RUJUKAN PADA PESERTA DARI LUAR KOTA PEKANBARU BPJS KESEHATAN Febi Nur Salisah; Indri Dian Pertiwi
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2607

Abstract

Pengelolaan pelayanan pada BPJS Kesehatan Pekanbaru masih ditemukan beberapa masalah dalam bidang pelayanan surat pengantar rujukan yang ditangani oleh staff pelayanan yaitu, prosedur pelayanan surat pengantar rujukan yang cukup memakan waktu dan pegarsipan yang kurang efektif. Dengan menganalisa dan merancang sebuah aplikasi yang dapat menangani permasalahan tersebut akan sangat membantu aktifitas pelayanan surat pengantar rujukan pada BPJS Kesehatan Pekanbaru. Maka dari itu saya tertarik untuk mengangkat sebuah judul kerja praktek Analisa dan Perancangan Aplikasi Surat Pengantar Rujukan Pada Peserta Dari Luar Kota Pekanbaru Bpjs Kesehatan. Adapun metode yang saya gunakan dalam menganalisa dan merancang aplikasi surat pengantar rujukan ini adalah dengan metode OOAD (Object Oriented Analysis And) dengan mengunakan use case diagram, activity digram dan class diagram. Dengan demikian maka proses pelayanan surat pengantar rujukan  dan pengarsipan diharapkan berjalan dengan lebih efisien. 
ANALISA PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI E-VOTE MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) Novli Adriansyah; Syaifulah Syaifulah; M. Jazman
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2612

Abstract

E-Vote merupakan teknologi informasi untuk melakukan Pemilihan Raya Mahasiswa yang digunakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska. Namun pada kenyataannya masih terdapat masalah dan hambatan dalam penerapan teknologi tersebut. Hal ini disebabkan kurangnya sosialisai mengenai E-Vote sehingga memberi pengaruh terhadap minat pengguna dan pengetahuan akan kemudahan dan kegunaan teknologi serta sikap dalam menggunakan teknologi ­E-Vote tersebut. Untuk mengetahuinya sejauh mana penerimaan mahasiswa terhadap teknologi informasi E-Vote, maka dilakukan analisis penerimaan teknologi informasi ­E-Vote dengan kerangka TAM (Technology Acceptance Model) dan dengan menggunakan metode analaisis PLS-SEM (Partial Least Square). Hasil dari pengujian hipotesis yang telah dilakukan bahwa semua variabel yang digunakan yaitu perceived usefulness, perceived ease of use, attitude, behavior intention, berpengaruh positif terhadap penerimaan mahasiswa terhadap teknologi ­E-Vote. Namun dari uji statistik yang dilakukan, tingkat pengaruh yang lebih tinggi dalam penerimaan mahasiswa terhadap E-Vote adalah kemudahan penggunaan terhadap sikap menggunakan teknologi informasi E-Vote dengan nilai sebesar 33.970. Sedangkan tingkat pengaruh yang lebih rendah dalam penerimaan adalah kegunaan terhadap sikap pengguna dengan nilai sebesar 2.432.
ANALISIS TIPEBUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENERAPAN E-OFFICE Surya Viddiany; Nesdi E. Rozanda
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2617

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tipe budaya organisasi saat ini dan budaya organisasi yang diharapkan terhadap penerapan e-office serta menghasilkan rekomendasi langkah-langkah strategis terhadap penerapan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) sebagai alat ukur untuk mengidentifikasi budaya organisasi dan Eight Imperatives sebagai pedoman terhadap penerapan teknologi informasi. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Dari penelitian ini diketahui bahwa budaya organisasi saat ini mengarah pada budaya hirarki dan budaya organisasi yang menjadi harapan adalah budaya klan. Rekomendasi yang diberikan dengan membangun layanan yang mendukung proses bisnis instansi, dan memelihara sarana teknologi informasi (e-office) yang telah tersedia baik dari segi sarana maupun prasarana nya.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMASARAN PERUMAHAN PERMATA BENING BERBASIS WEB Amirullah Amirullah; Megawati Megawati
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v2i2.2602

Abstract

PT. Anugrah Riau Mustika sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang Properti sudah selayaknya mampu untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam menunjang berbagai aktivitasnya. PT. Anugerah Riau Mustika adalah perusahan pengembang perumahan yang saat ini telah berhasil membangun beberapa kawasan perumahan, Permata Bening, Permata cluster, Permata kwansing, Permata teratai dan Permata griya regency. Dengan sistem pemasaran seperti diatas, masyarakat sebagai calon pembeli juga mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi karena calon pembeli harus datang ke tempat pemasaran dilakukan. Belum lagi, pemasaran tidak dilakukan setiap saat, pemasaran dilakukan dengan menyesuaikan jadwal kerja pegawai ataupun waktu ketika stan dibuka. Masalah lainnya adalah seorang pegawai pemasaran hanya bisa melayani satu calon pembeli setiap saat. Jadi, pengunjung stan harus menunggu untuk dapat berbicara dengan pegawai pemasaran apabila ia sedang memberikan informasi kepada calon pembeli yang lain. Hal ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman kepada pengunjung stan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah pelanggan menemukan perumahan  yang  diiginkan dengan menampilkan type rumah, harga rumah, dan lokasi perumahan dengan pemetaan. Metode analisa yang digunakan adalah metode analisa PIECES dan untuk metode perancangan dalam penelitian ini menggunakan UML, perancangan interface hingga pengkodingan dan database menggunakan syntax PHP, MySql, dan Jquery, hingga sampai pada tahap pengujian fungsional sistem menggunakan blackbox testing. Dengan adanya Sistem Informasi Pemasaran Perumahan ini diharapkan dapat membantu memperluas jangkauan pemasaran ke berbagai daerah dan meningkatkan omset penjualan PT. Anugerah Riau Mustika Pekanaru.

Page 1 of 3 | Total Record : 21